cover
Contact Name
Achluddin Ibnu Rochim
Contact Email
corelsurabaya@gmail.com
Phone
+6281249846916
Journal Mail Official
jurnalabdimas1@gmail.com
Editorial Address
Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional
ISSN : -     EISSN : 27970493     DOI : -
Jurnal Pengabdian Nasional ABDI MASSA ber e-ISSN 2797-0493 ini adalah Jurnal Pengabdian Nasional, memuat artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dengan fokus pada bidang teknologi tepat guna dan kewirausahaan. Hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penerapan dan pendampingan kepada masyarakat di berbagai bidang ilmu, diantaranya: Teknologi Rekayasa Pendidikan, Hukum, Psikologi, Pertanian, Manajemen, Teknologi Informasi, Sosial Humaniora, dan Bidang Ilmu Lainnya. Dengan hasil-hasil pengabdian sebagai berikut: People, Local Food Security, Training, Marketing, Appropriate Technology, Design Community Empowerment, Social Access; Community Services Student Community Services; Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA" : 8 Documents clear
PELATIHAN MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DI PAUD KARTINI SIDOARJO suhadianto; Aliffia Ananta
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu problem pengasuhan yang dihadapi oleh orang tua terhadap anak di usia golden Ages (usia 0-6 tahun), adalah ketidak mampuan orang tua menangani perilaku tanrum pada anak. Problem tersebut juga banyak pengabdi temukan pada orang tua murid PAUD Kartini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan cara menangani perilaku tantrum pada anak bagi orang tua dan guru. Situasi pandemi Covid-19 dan rendahnya kemampuan orang tua dalam menggunakan aplikasi zoom meeting mengharuskan pengabdi menyampaikan matreri melalui media youtube dan gorup Whatsapp. Pengabdi membuat video materi dengan bentuk dialog dan diunggah di chanel youtube. Setelah peserta menyimak materi video selama satu hari, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi melalu group Whatsapp selama 12 jam. Hasil analisis statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan peserta tentang penanganan tantrum pada anak antara sebelum dan setelah pelatihan. Strategi pelaksanaan pengabdian ini bisa menjadi contoh bagi para pengabdi yang mengalami kendala penyampaian materi secara tatap muka langsung selama masa pandemi covid-19.
PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PENINGKATAN KUALITAS ADMINISTRASI BIDANG MANAJEMEN KEARSIPAN DESA DI DESA TASIK MADU DAN DESA SUMURGUNG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Achluddin Ibnu Rochim; Joko Widodo; Teguh Priyo Sadono
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah kearsipan desa menjadi persoalan penting untuk diperhatikan. Kearsipan desa merupakan unit penting didalam mendokumentasikan berbagai kepentingan masyarakat dan pemerintahan di desa. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan unit ini menjadi tanggung jawab yang penting untuk dilakukan. Berdasar pemikiran tersebut maka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat difokuskan kepada membantu Kearsipan Desa agar dapat berkembang secara optimal. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mengambil sasaran Kearsipan Desa di Desa Tasikmadu dan Desa Sumurgung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Hasil pengamatan lapangan dan wawancara sebelumnya menghasilkan permasalahan bahwa Manajemen Kearsipan Desa yang ada di dua desa tersebut mencakup: belum adanya sumberdaya manusia yang cukup memadai, dukungan sumber dana yang tidak cukup, kemampuan manajemen pengelolaan arsip yang kurang optimal, di samping adanya kelemahan instrumen yang kurang pada Kearsipan Desa. Dari permasalah tersebut maka dilakukan penyuluhan dan pendampingan pada lembaga yang ada di dua desa ini. Hasil pendampingan memberikan pengembangan wawasan tentang manajemen kearsipan sederhana, penyesuaian arsip dan pengagendaan, penyimpanan dan pemeliharaan serta tata cara pemusnahan arsip. Rekomendasi yang diberikan adalah pengadaan piranti keras dan lunak, SOP, dan pelatihan kearsipan.
PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PENINGKATAN KUALITAS BUMDES DI DESA TASIKMADU DAN DESA SUMURGUNG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Noorshanti Sumarah; Edy Sudaryanto; Kendry Widiyanto
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) menjadi persoalan penting untuk diperhatikan . Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan institusi penting didalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat perdesaan. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan institusi ini menjadi tugas kita bersama untuk dilakukan. Atas pemikiran tersebut maka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat difokuskan kepada membantu Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar dapat berkembang secara optimal. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mengambil sasaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) desa Tasikmadu dan desa Sumurgung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Hasil pengamatan lapangan dan wawancara sebelumnya menghasilkan permasalahan Badan saha Milik Desa (BUMDES) yang ada di kedua desa tersebut mencakup : belum adanya sumberdaya manusia yang cukup memadai, dukungan sumberdana yang tidak cukup, kemampuan manajemen pengelolaan yang kurang optimal, disamping adanya kepercayaan yang kurang kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Atas dasar permasalah tersebut maka dilakukan penyuluhan dan pendampingan pada lembaga yang ada di dua desa ini. Hasil pendampingan memberikan pengembangan wawasan tentang manajemen usaha, melihat peluang usaha, pemasaran dan berbagai cara didalam mencari pendanaan. Rekomendasi yang diberikan adalah pengurusan legalitas institusi dan usaha pembinaan lebih lanjut melalui skema hibah.
PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ASSET DESA DI DESA TASIK MADU KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR Ute Ch. Nasution; Supri Hartono
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organisasi publik pada semua level yang didalam termasuk Pemerintahan Desa meupakan organisasi yang dituntut untuk mampu menjalankan kebijakan-kebijakan yang akan dijalankan berdasarkan potensi yang dimiliki desa. Upaya mengimplementasikan tuntutan di antara dapat dilakukan dengan melaksanakan pengelolaan atas kekayaan (assets). Pengelolaan asset desa ini dilakukan melalui inventarisasi pada semua kekayaan yang dimiliki desa secara benar. Dengan dijalankannya pengelolaan, maka organisasi desa akan mengetahui kondisi (potensi) yang dimiliki oleh desa. Dengan bekal pengetahuan atas potensi yang dimilikinya ini organisasi desa dapat merancang kegiatan-kegiatan yang dikaitkan dengan potensi tersebut. Pengelolaan asset desa landaskan pada Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 53 pada 14 Januari 2016. Dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa ini ditetapkan bahwa dalam pengelolaan aset desa harus dilakukan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai. Dengan Pengelolaan Aset Desa yang benar dan berlandaskan aturan yang telah ditetapkan seperti tercermin dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa maka diharapkan akan memudahkan desa mampu melangkah dengan memperhatikan potensi yang dimilikinya sehingga jika semua desa mengetrapkan aturan yang ada ini maka pencapaian tujuan proses pembangunan akan lebih terarah.
PENYULUHAN PKK DESA DI DESA TASIK MADU KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR Ayun Maduwinarti; Indah Murti
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesejahteraan keluarga merupakan cita-cita dari setiap keluarga di desa Tasikmadu. Pembentukan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tasikmadu merupakan respon atas cita-cita tersebut. Tim Penggerak PKK Desa Tasikmadu adalah lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Di Desa Tasikmadu,Tim Penggerak PKK ini ternyata masih belum melaksanakan fungsi baik sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali maupun penggerak bagi warga masyarakat Desa Tasikmadu. Penyuluhan pada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Desa dimaksudkan untuk mendorong fungsi-fungsi fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali maupun penggerak pada masing-masing jenjang pemerintahan untuk terlaksananya program PKK. Tim Penggerak PKK Desa Tasikmadu mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.
PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PENINGKATAN KUALITAS ADMINISTRASI BIDANG PERATURAN DESA DI DESA TASIK MADU DAN DESA SUMURGUNG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Endang Indartuti; Radjikan Radjikan; Ni Made Ida Pratiwi
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya Peraturan desa bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing desa dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan suatu desa dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasal 7 dan 8 PP 72/2005 beserta penjelasannya maka peraturan desa berfungsi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa, yakni melaksanakan kewenangan pemerintahan yang berasal dari peraturan perundang-undangan, wewenang dari hak asal-usul desa, wewenang dari kabupaten/kota yang diserahkan kepada desa. Berdasarkan pentingnya setiap desa untuk memiliki Peraturan Desa yang berkualitas maka seluruh aparatur pemerintah desa dan segenap perwakilan warga masyarakat desa dituntut untuk dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggagas dan merumuskan Rancangan Peraturan Desa melalui sebuah penyuluhan dan pelatihan penyusunan Rancangan Peraturan Desa.
PENYULUHAN LITERASI MEDIA DIGITAL: MENANGKAL BERITA HOAX DENGAN HUMOR D. Jupriono D. Jupriono; Ambar Andayani; Bambang Sigit Pramono
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi media masyarakat nitizen masih tergolong rendah. Sementara, setiap saat masyarakat nitizen diberondong oleh melimpahnya informasi melalui media sosial. Mengingat informasi di media sosial didominasi oleh berita hoax, dipandang sangat perlu literasi media masyarakat ditingkatkan agar mampu menilai dan mengenali kadar kebohongan (hoax) berita atau informasi yang diterimanya setiap saat di media sosial tersebut. Literasi media yang hendak diberikan adalah literasi digital (online), melalui kegiatan penyuluhan. Penyuluhan melalui media online ini juga dipilih karena kondisi pandemi Covid-19 masih mengancam masyarakat. Di samping itu, juga alasan praktis bahwa semua orang akrab dengan handphone android. Literasi media ini memanfatkan humor-humor di media sosial agar minat publik untuk selalu menilai informasi bisa dipertahankan dan kandungan nilai-nilai sosial di dalam humor tersebut bisa ditemukan untuk memperkaya wawasan mereka.
MEMBERIKAN PENYULUHAN MELALUI GERAKAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN DI KELURAHAN MANDARANREJO UPT PUSKESMAS KANDANGSAPI KOTA PASURUAN Andita Cindy Faulina; Riyadi Nugroho
ABDIMAS Vol 1 No 02 (2021): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan usia harapan hidup dan kualitas hidup melalui upaya-upaya kesehatan yang diselenggarakan oleh seluruh potensi bangsa. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal diselenggarakan berbagai upaya kesehatan melalui berbagai kegiatan. Puskesmas Kandangsapi merupakansalah satu dari delapan Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang tersebar di Kota Pasuruan Wilayah kerja Puskesmas Kandangsapi terdiri dari 6 Kelurahan dengan jumlah penduduk 25.177 jiwa, yaitu; 1) Kelurahan Panggungrejo yang terdiri dari 5 RW dan 14 RT; 2) Kelurahan Mandaranrejo yang terdiri dari 5 RW dan 29 RT; 3) Kelurahan Bugul Lor yang terdiri dari 8 RW dan 45 RT; 4) Kelurahan Pekuncen yang terdiri dari 4 RW dan 14 RT; 5) Kelurahan Petamanan yang terdiri dari 7 RW dan 24 RT; dan 6) Kelurahan Kandangsapi yang terdiri dari 2 RW dan 14 RT. Pada waktu waktu dilakukan penyuluhan dengan diawali dengan pre-test dan post-test mengalami kenaikan dari nilai 55,4 menjadi 78,7 nyang merupakan kenaikan yang bagus. Dengan penyuluhan yang didasarkan pada 3 M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak, maka kita akan terhindar dari coid-19, dan kesehatan masyarakat dapat meningkatkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8